Rabu, 11 Juli 2012

"Sepak Bola Gajah" Indonesia vs Thailand di Piala Tiger 1998

Malam ini kebetulan lagi iseng-iseng aja browse youtube, eh ternyata ane ketemu video pertandingan antara Indonesia melawan Thailand di Piala Tiger 1998 yang diselenggarakan di Vietnam, sedikit informasi pertandingan ini dikenal dengan “Sepakbola Gajah” yang menjadi aib bagi persepakbolaan di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia.
Ane akan sedikit membahas peristiwa tersebut, Indonesia dan Thailand berada di Grup A bersama Myanmar dan Fillipina, sedangkan di Grup B adalah Vietnam yang berstatus tuan rumah, Singapura, Malaysia, dan Laos. Vietnam sangat diunggulkan untuk menjuarai kejuaraan tersebut karena berstatus tuan rumah, di pertandingan pertama saja mereka berhasil membantai Laos dengan skor telak 4-1 dan Singapura unggul 2-0 atas Malaysia, sedangkan di Grup A sendiri Indonesia menjadi pemuncak klasemen di dua pertandingan awal saat berhasil menang 3-0 melawan Fillipina dan unggul telak 5-2 melawan Myanmar, sementara Thailand bermain imbang 1-1 melawan Myanmar dan menang 3-1 melawan Vietnam, Indonesia berhasil lolos dan berhak maju ke babak selanjutnya.
Masalah muncul ketika di Grup B Vietnam dipastikan menjadi Runner-up setelah hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Singapura dan unggul tipis 1-0 dengan Malaysia, sedangkan Singapura yang tidak diunggulkan malah menjadi juara grup dengan unggul selisih gol setelah menang telak melawan laos dengan skor 4-1.
Dengan hasil tersebut maka skenario di grup A pun berubah, Thailand hanya butuh hasil seri melawan Indonesia dipertandingan terakhir, sedangkan Indonesia harus kalah dari Thailand agar terhindar dari Vietnam, diatas kertas Thailand diprediksi akan menang jika melawan Singapura ketimbang melawan tuan rumah Vietnam, begitupun Indonesia diprediksi akan menang karena setahun sebelumnya di Sea Games 1997 Indonesia berhasil menaklukkan Singapura 2-1.
Pertandingan Indonesia melawan Thailand dilaksanakan di stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, 31 Agustus 1998. Sepanjang babak pertama Indonesia dan Thailand bermain seadanya menghindari skenario yang tidak diinginkan. Memasuki babak kedua pertandingan menghangat. Indonesia unggul lebih dulu melalui Miro Baldo Bento yang langsung dibalas oleh Kritsada Piandit, pada gol balasan Thailand ini terlihat bek Indonesia tidak bereaksi saat bola ditendang, padahal bola tendangan Piandit melintas di depannya. Kemudian kejadian menarik juga muncul ketika kiper Indonesia yaitu Kurnia Sandy maju mendribel bola namun terlihat pemain Thailand tidak memberikan gangguan, bahkan Sandy berhasil melakukan tendangan kearah gawang Thailand namun tepat kepelukan kiper Thailand, kiper Thailand melemparkan bola ke arah pemain Thailand, tetapi pemain Thailand malah memainkan bola didaerahnya sendiri, padahal kiper Indonesia sudah terlanjur maju kedepan dan meninggalkan gawangnya yang kosong melompong, tetapi pemain Thailand tidak langsung menendang dan memilih memainkan bola di daerahnya sendiri,  Menit 84, Indonesia unggul lagi melalui Aji Santoso, disini kembali terlihat kiper Thailand hanya bereaksi seadanya padahal bola tendangan Aji Santoso hanya bergulir lemah ke gawang Thailand, beberapa menit berselang Therdsak Chaiman berhasil menyamakan kedudukan. Pada menit terakhir terjadi pemandangan yang sangat janggal, pemain Thailand malah berupaya memperkuat pertahanan Indonesia ketika pemain Indonesia memainkan bola untuk menyerang gawangnya sendiri, pada saat sampai kekotak penalti Indonesia akhirnya Mursyid Effendi menceploskan bola ke gawangnya sendiri supaya Indonesia kalah 3-2, dan hal yang sangat diingat adalah kedipan matanya sesudah melakukan gol bunh diri tersebut. Thailand pun lolos sebagai juara grup menghadapi Vietnam, sedangkan Indonesia melawan Singapura. Tindakan memalukan itu berbuntut panjang. Mursyid dihukum seumur hidup tidak boleh tampil lagi di pentas internasional. Kedua tim dijatuhi denda US$ 40 ribu oleh FIFA karena "menghancurkan semangat sepak bola". Ketua Umum PSSI Azwar Anas yang hadir menyaksikan pertandingan mengundurkan diri.
Akhirnya Indonesia menjadi runner-up dan akan menghadapi Singapura sedangkan Thailand menghadapi Vietnam, sesuai prediksi Vietnam berhasil meremukkan Thailand 3-0 tetapi diluar dugaan Indonesia menyerah 1-2 dari Singapura, dan Singapura yang tidak diunggulkan sama sekali akhirnya menjadi juara setelah unggul di final 1-0 saat menghadapi Vietnam. Indonesia sendiri menang adu penalti 5-4 setelah bermain imbang 3-3 dengan Thailand. Turnamen ini memberikan kejutan setelah Singapura menjadi juara, namun peristiwa yang paling diingat dalam turnamen kali ini adalah cerita sepakbola gajah antara Indonesia melawan Thailand.
Berikut video pertandingan Indonesia melawan Thailand, dalam video ini terlihat pemain kedua keseblasan memang terlihat tidak berniat untuk mencetak gol.


2 komentar:

  1. Hahaha keren juga tuh pertandingan.. kelihatan banget brooo

    BalasHapus
  2. Hahaha keren juga tuh pertandingan.. kelihatan banget brooo

    BalasHapus