Selasa, 03 Juli 2012

Respect sesama fans tim lain??? harus lah!!


Entah kenapa kok lagi pengen nulis, kebetulan juga pikiran lagi mumet gara-gara Italy kalah di Final Euro, tapi ya sudahlah, life must go on, hidup itu kadang kita dibawah kadang diatas. Dimulai dengan pagi yang menyesakkan hati dan pikiran mumet, kepala serasa mau pecah, yah mungkin kecintaan saya kepada tim sepak bola Italy.
Pagi-pagi udah liat komen-komen pedas di twitter sama recent update BB kuno punya saya, wah semuanya pada memuji Spanyol dan menghina Italia, saya sih sabar aja tapi lama-kelamaan jadi gatel pengen balas komen mereka, mulai dengan update status BB saya yang sudah super jadul, saya ucapkan selamat kepada timnas Spanyol dan saya bilang saya tetap mendukung Italy bukan seperti kalian yang menjadi supporter abal-abal atau karbitan, yang hanya mendukung tim yang sedang berada di jalur kemenangan, tetapi saat kalah tim tersebut ditinggalkan.
Saya liat juga recent update teman-teman sesame fan Italy ada yang sedih ada yang tabah dan ekspresi yang bermacam-macam lah, kebetulan saya liat recent update si Badres kata-katanya keren ; “jangan pernah teriak senang disaat kami menang, jika kalian malah pindah ke tim lain disaat kami kalah!!! Tugas supporter sejati hanya mendukung. TITIK!!!” kata-katanya begitu membangkitkan semangat, saya juga lihat broadcast teman BM saya Wira ; “Kami bukan tifosi gadungan yang berteriak saat menang tetapi bersembunyi disaat kami kalah”.
Memang banyak supporter yang berjiwa besar tetapi banyak juga supporter yang hanya sekedar mendukung dan akan menghujat jika timnya kalah, saya tidak mempermasalahkan hal itu, sebagai tifosi Italy saya sangat sakit hati karena kekalahan tersebut tetapi saya terima kekalahan tersebut dengan ikhlas, secara keseluruhan Spanyol memang lebih superior dari Italy dan memang dewi fortuna tidak menaungi Italy, dimulai dengan cederanya Chiellini dan cederanya Motta yang mengakibatkan Italy harus main dengan 10 pemain karena jatah pergantian pemain sudah habis.
Oke saya akui itu, saya terima kekalahan tersebut dengan jiwa besar, tatapi masih saja ada supporter lain yang menghujat, mana supporternya Italy???? mana…? mana…? malah ada yang bilang Italy juara??? Ngimpi, padahal baru tau sepakbola. Yah bermacam-macamlah ekspresinya, yang saya tidak senang adalah mencaci seolah dia paling tau sepakbola, pas ditanya eh malah gak tau.
Sebagai supporter harusnya kita saling menghargai tim lawan, karena kembali pada akhirnya hidup itu kadang ada masa jaya ada masa kelam dalam sepakbola, oleh karena itu kita harusnya bisa lebih respect dan menghargai hak orang lain, saya bukannya menjudge bahwa saya yang benar, tetapi hal-hal yang perlu diperhatikan adalah rasa hormat dengan supporter lainnya, saya menulis artikel ini bukan sekedar ungkapan perasaan saya, tetapi sebagai khasanah untuk menambah wawasan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar