Minggu, 12 Agustus 2012

Awas!!! Penipuan Berkedok Kupon Undian Berhadiah


Kemaren saya lagi kena iseng para penipu berkedok undian berhadiah, tepatnya ibu saya, untung saja saya bertindak cepat, jika tidak ibu saya sudah habis kena tipu, ceritanya di hari Jum’at 10 Agustus 2012 ibu saya kebetulan membuka bungkus kopi “Torabika” dan secara tidak sengaja menemukan kupon gosok, setelah kupon tersebut digosok, ibu saya langsung terkejut karena terdapat tulisan “selamat anda mendapatkan 1 unit mobil Toyota Rush” wuiiihhh bahagia rasanya karena mendapatkan hadiah 1 unit mobil, langsung saja ibu menelpon nomer telpon yang tertera dikupon tersebut dan dengan ramah disambut suara seorang laki-laki yang mengaku pimpinan PT. Torabika Eka Semesta, dan ibu saya menanyakan apakah benar beliau mendapatkan hadiah mobil, lalu ibu saya disuruh menyebutkan nomer seri yang tertera di kupon, setelah itu dia berkata “nanti ibu saya telpon lagi kami akan cek nomer undian tersebut terlebih dahulu, terima kasih”.
Nah setelah itu ibu saya baru membangunkan saya yang kebetulan masih tidur, kepala saya langsung sakit gara-gara terkejut bangun, apalagi dikejutkan dengan berita menang undian mobil, saya sih langsung tidak percaya, tetapi ibu saya bersikeras bahwa ini undian asli, saya jelaskan kepada ibu saya bahwa setahu saya kopi Torabika tidak ada mengadakan undian berhadiah, yang ada hanya kopi ABC, itupun jika beruntung tertangkap kamera saat meminum kopi ABC akan langsung didatangi petugasnya, jadi saya bilang ini penipuan, sekali lagi ibu bersikeras dan mengatakan nanti akan ditelpon 10 menit lagi, soalnya petugasnya tadi sedang mengecek nomer undiannya, saya beradu argumen lagi dengan ibu, kalau kita menang undian pasti kita yang akan ditelpon, bukannya kita yang menelpon, tetapi ibu saya tetap pada pendiriannya.
Oke karena saya lelah berdebat, saya langsung turun menyalakan komputer dan internet untuk memastikan kebenaran undian tersebut, saya tulis dimesin pencari google “undian berhadiah Kopi Torabika” dan yang muncul sederet tulisan bahwa “jangan percaya, undian ini adalah penipuan”, kecurigaan saya ternyata benar, tetapi ibu saya masih belum percaya kemudian saya browsing lagi nama Production Manager PT. Torabika Eka Semesta, dan namanya adalah Rinaldi, sedangkan yang dikupon Drs. H. Budianto, Msc, kemudian saya browsing yellow pages untuk mencari nomer telepon PT. Torabika Eka Semesta, saya mendapatkan beberapa nomer telepon berikut 021 5655306 - 021 5655307 - 021 5655308 - 021 5655315, tanpa banyak pikir saya telpon langsung nomer tersebut dan disambut suara lembut seorang wanita, saya kemudian menanyakan apa ini benar PT. Torabika Eka Semesta, benar jawabnya, begini mbak saya mau bertanya, apa benar PT. Torabika sedang mengadakan undian berhadiah berupa kupon, lalu dia jawab maaf pak kami tidak ada melakukan undian berhadiah berupa kupon pak, oke terima kasih langsung saya potong pembicaraannya.
Nah setelah itu baru ibu saya percaya bahwa undian tersebut adalah palsu, ibu saya menjelaskan saat ditelpon katanya dia mengaku pimpinan, kemudian dia menjelaskan ini undian asli bu, bukan penipuan, saya ini haji bu dan saya juga puasa mana mungkin saya berbohong, mendengar penjelasam itu ibu saya jadi percaya.
Untuk menyikapi hal ini saya punya beberapa tips agar tidak mudah tertipu, yang pertama jangan merasa terlalu senang karena mendapat berita bahwa kita memenangkan hadiah, kita harus tenang menyikapinya, karena jika kita tidak tenang maka kita tidak akan berpikir kekemungkianan buruk lainnya, karena isi pikiran kita hanya memikirkan hadiah tersebut sehingga akan mudah tertipu, yang kedua jangan percaya dengan muatan yang ada didalam kupon tersebut meskipun terdapat surat keterangan kepolisian dan promo yang didukung oleh stasiun TV Swasta dan jangan terlalu percaya dengan kata-kata rayuan dari penelpon karena memenangkan hadiah, dan jangan percaya jika dia bersumpah atau semacamnya, karena sejak awal dia sudah berbohong, ketiga hubungi atau tanyakan kepada anggota keluarga lainnya agar anggota keluarga lainnya dapat memberikan pendapat disamping pikirannya juga tenang, yang keempat segeralah cari informasi tentang undian tersebut, ada baiknya anda langsung menghubungi costumer service perusahaan tersebut.

Gambar diatas adalah beberapa contoh kupon undian berhadiah palsu, semoga dengan tulisan ini kita dapat meminimalisir penipuan lewat kupon undian.

8 komentar:

  1. saya juga sama mas, dpt kupon undian kayak gtu dr torabika. tapi anehnya saya dpt kuponnya dihalaman depan rumah saya. benar2 aneh...
    slm kenal

    BalasHapus
  2. thanks for the info..

    BalasHapus
  3. q Juga dapet... mksh infonya

    BalasHapus
  4. Adek sy jg dapt. Awalnya saya gembira. Saya jg dah siapin 37 jt ktya biya administrasi tp stlh saya cek internet jd urung. Ketipu nih

    BalasHapus
  5. Adek sy jg dapt. Awalnya saya gembira. Saya jg dah siapin 37 jt ktya biya administrasi tp stlh saya cek internet jd urung. Ketipu nih

    BalasHapus
  6. Sama dong....,ae juga dapet di depan rumah... Tp memang saati itu ibu br aja beli kopi + susu sachet... ┼┼aa┼┼aa..=D ┼┼aa┼┼aa..=)). ┼┼aa┼┼aa

    BalasHapus
  7. Saya juga dapat, disuruh kirim alamat dan uang sebesar 3,7 juta,
    thanks atas infonya

    BalasHapus
  8. Sama, ibu saya juga dapat kupon dari torabika PT Eka semesta. Untung aja baca artikel ini

    BalasHapus